Wednesday, February 15, 2012

TAHUKAH KAMU ?????

Penghuni Gurun

Di gurun yang begitu panas dan kering ternyata ada beberapa kelompok masyarakat yang hidup disana sejak dulu. contohnya orang TUAREG yang tinggal di gurun sahara, gurun terluas di dunia.mereka hidup berpindah-pindah bersama ternak mereka, mencari mata air dan membangun kehidupan disana. Bila air habis mereka bergerak bersama untuk mencari daerah baru yang lebih subur dan ada sumber air.

Merekapun beradaptasi dengan lingkungannya. Pakaian mereka tertutup bahkan sampai menutupi wajah agar terhindar dari sengatan matahari dan tiupan pasir. saat ini sebagian orang Tuareg sudah hidup menetap dengan kehidupan yang lebih nyaman.Sedangkan sebagian lagi masih senang berkelana menggembalakan ternak atau membawa dagangan melintasi gurun.


Fatamorgana

Sinar matahari yang menyilaukan dan panas terkadang dapat menipu penglihatan kita. Sinar matahari yang masuk ke atmosfer bumi dalam kondisi tertentu di belokkan oleh udara dan sesampainya di permukaan bumi, terutama di daerah gurun akan membuat bayangan yang menipu mata manusia. Bayangan tipuan itu bisa berupa genangan air di gurun, padahal itu sebenarnya cuma bagian dari langit yang dipantulkan ke bumi.